RODA-RODA PENGGERAK ERA-PERUBAHAN MASYARAKAT



Ada tiga kekuatan yang dapat merubah masyarakat:

  • Demokratisasi 
  •  Kemajuan ilmu pengetahuan, tekhnologi, komunikasi dan informatika. 
  •  Globalisasi

Pengaruh tiga elemen tersebut tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sosial masyarakat. Globalisasi yang tengah melanda kehidupan sosial, yaitu masyarakat tengah mengalami proses perubahan dari masyarakat yang relative tertutup menjadi masyarakat yang terbuka. Proses demokrasi membuahkan aksi demonstrasi diseluruh Negara dunia termasuk Indonesia telah merubah kehidupan tradisional masyarakat. Masyarakat yang telah melewati masa krisis dipenghujung abad ke 20 dituntut untuk meningkatkan rasa nasionalisme yang tinggi yang berhadapan langsund dengan lahirnya rasa kesukuan atau tribalisme. Plurasisme dalam suku dan budaya bangsa menjadi tantangan dalam kehidupan nasionalistik.
Gelombang demokrasi menurut Huntington (1995) telah mencapai tahap ketiga. Dalam pengamatanya, bahwa demokrasi yang bertama berakar dari revolusi perancis dan revolusi amerika yang memperjuangkan hak-hak rakyat untuk mengatur dirinya sendiri. Gelombang kedua terjadi pasca perang dunia kedua ditandai dengan lahirnya Negara-negara baru di afrika dan asia dari daerah-daerah bekas jajahan. Gelombang ketiga berlangsung terutama pada waktu terbentuknya pemerintah diktator di eropa selatan seperti Portugal, tahun 1974, pendemokrasian yunani dan spanyol, pendemokrasian polandia tahun 1980 dari pengaruh komunisme. Runtuhnya tembok berlin, bubarnya Negara uni soviet, hingga permulaan abad ke 21 demokrasi terus berlangsung.
Perioritas utama dalam era digital ini adalah pengembangan pendidikan. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan maka  akan mampu menjadi pondasi dalam perubahan sosial yang lebih demokratis. Negara berkembang seperti halnya Negara yang tergabung di ASEAN, boleh jadi sebagai Negara-negar yang memprioritaskan pembangunan pendidikan, IPTEK, dan Pengendali Roda Ekonomi Raksasa Dunia.
            Alisyahbana (2000) menggambarkan lima era industry baru masa depan: 

  •  Era industry rekreasi (2015) 
  •  Era bioteknologi (2100) 
  •  Era mega-material 
  •  Era Atom baru (fusi, laser) tahun 2100-2500 
  •  Era angkasa luar (3000).
 Pada Bab sekarang era Industry Rekreasi tengah berlangsung dan kita nikmati bersama-sama, disisi lain Pengembangan Saintik kearah Bioteknologi tengah dirancang. Kita perlu menjemput perubahan sosial yang bergulir bak Bola liar di masa depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Rakyat Bima Kisah Putri yang Hilang Dae La Minga

DESA LAJU DAN TRANSMIGRASI UPT LAJU MERINTIS PEMBAGUNAN BIMA

Seni Beladiri Gantao Sebagai Identitas Suku Mbojo